Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Tes Mata Minus

Cara Mengetahui Mata Minus Atau Normal Dengan Tes Mata

Penyebab mata minus (miopi) yang paling umum adalah kebiasaan melihat objek dalam jarak dekat terlalu lama. Biasanya, kebiasaan ini dilakukan ketika membaca buku sambil rebahan, membaca di tempat yang kurang penerangan, atau membaca melalui media elektronik. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa membuat mata minus atau rabun. Faktor genetika juga menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki mata minus. Anak yang lahir dari orangtua bermata minus akan memiliki resiko tinggi bermata minus sejak mereka masih kecil.

Jadi, alangkah baiknya bagi orangtua untuk menjaga pola makan serta pola hidup yang baik bagi keluarganya. Mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin A akan sangat membantu menjauhkan resiko mata minus. Hindari terlalu memaksa mata bekerja keras tanpa istirahat. Apalagi jika mata harus bekerja didepan layar komputer. Radiasi sinar elektronik bisa membuat mata cepat lelah, jarak mata dengan layar yang terlalu dekat juga akan membuat jarak pandang mata lama-lama terganggu.
Tes mata minus sendiri

Gejala mata minus sebenarnya akan muncul jauh-jauh hari sebelumnya. Gejala mata minus yang paling mudah diketahui tentu ketika pandangan jadi rabun. Mata akan mulai kesulitan fokus ke objek yang agak jauh sehingga objek terlihat kabur. Biasanya hal ini ditandai dengan menyipitkan mata jika harus melihat objek yang agak jauh. Cobalah untuk mengetes mata dengan melihat papan hitam, kalau papan hitam tidak terlihat jelas, maka artinya mata mulai rabun. Gejala lain yang tampak pada mata adalah mata sering berair, cepat lelah, dan terdapat rasa nyeri pada mata. Sering sakit kepala juga menjadi tanda mata mulai minus. Ketika mendapati gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera lakukan tes mata minus. Bagaimana cara tes mata minus secara online sendiri tanpa ke dokter?

Tes Mata Minus Dengan Huruf

Tes mata bisa dilakukan di dokter mata, tetapi sekarang kita juga bisa melakukan tes sendiri, salah satunya seperti pada contoh gambar pada artikel ini. Kita bisa mempraktekkan tes mata minus sendiri ini dengan cara membaca setiap huruf. Pastikan jarak mata dengan layar monitor minimal 50 senti. Mata rabun akan memiliki kendala membaca huruf pada ukuran-ukuran tertentu, tergantung seberapa parah rabun yang dialami mata. Setelah itu, baru periksakan mata ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tes mata minus dengan huruf

salah satu cara sederhana mengetes apakah mata seseorang minus atau tidak yang bisa kita lakukan sendiri


Lihat sekali lagi dan perhatikan bagan huruf diatas. Ambil jarak antara mata kita dengan layar monitor sejauh 50 cm. Cobalah untuk membaca teks yang terpampang. Jika huruf nampak terlihat jelas dan kita bisa membacanya dengan mudah tanpa memaksakan kinerja mata, maka tes mata rabun jauh (dikenal juga dengan nama mata minus/miopi) sederhana ini menunjukkan bahwa mata kita tergolong normal. Namun, bagaimana pun juga sangat dianjurkan untuk memeriksakan langsung ke dokter mata untuk memastikan ada atau tidaknya minus pada mata. Dokter bisa mengatakan berapa minus yang telah terjadi. Cara medis dengan mendatangi ahli kesehatan tentu hasil diagnosisnya lebih pasti dan lebih tepat.

Kacamata atau lensa kontak tentu selalu menjadi cara mengatasi mata rabun/minus. Agar minus mata tidak bertambah seiring mengenakan kacamata atau lensa kontak, sebaiknya gunakan hanya saat membutuhkannya. Lepaskan kacamata saat tidak diperlukan, misalnya saat tidak harus membaca atau bekerja di depan layar komputer. Hal ini memang terkesan sederhana, tetapi bisa membantu mengatasi mata minus secara perlahan.

Luangkan waktu untuk berjalan-jalan ke tempat yang memiliki pemandangan luas saat hari libur. Pemandangan hijau seperti sawah dan bukit serta kolam dan danau dipercaya bisa menyembuhkan rabun pada mata. Lepaskan kacamata ketika melihat pemandangan tersebut. Objek-objek yang jauh akan membantu mengurangi minus mata. Melihat pemandangan hijau sebaiknya tidak hanya ketika liburan saja. Selama bekerja di depan layar komputer, selalu luangkan waktu untuk melihat ke pemandangan hijau.

Jika sedang bekerja di kantor, lihatlah pemadangan melalui jendela setiap satu atau dua jam sekali. Melihat benda bergerak, seperti mobil atau motor yang lalu lalang di jalan, juga bisa melatih mata agar rabun tidak meningkat. Jadi, jika kantor tidak memiliki taman, melatih mata untuk melihat benda-benda bergerak akan sangat membantu. Apabila bekerja di rumah, buatlah taman mini di halaman rumah lengkap dengan tumbuhan dan rerumputan. Tidak perlu terlalu lama mengamati pemandangan di sela-sela waktu kerja, cukup lima atau sepuluh menit saja, sekalian merilekskan otot-otot tubuh dan mengambil minum.

Mata minus juga bisa diobati dengan daun sirih. Cukup siapkan dua lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Kompreslah kedua mata dengan daun sirih tersebut setiap sebelum tidur. Dengan perawatan yang rutin, mata minus bisa teratasi. Dari segi pola makan, usahakan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin A setiap hari. Wortel adalah sayur yang paling berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit mata, jadi konsumsilah makanan serta minuman yang berbahan wortel. Cara-cara ini akan membantu dalam mengatasi mata minus. Nah, jika penasaran apakah mata kita mengalami rabun jauh atau minus, sekarang kita sudah tahu bagaimana cara tes mata minus ini.

Obat Mata © 2017