Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Sakit Mata Pada Bayi

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Bayi

Sakit mata tidak hanya menimpa remaja dan pada orang tua saja, tetapi juga bisa menyerang bayi. Mata memang menjadi salah satu organ yang paling rawan terkena virus maupun bakteri, terutama pada bayi ataupun anak balita. Beberapa hal yang terlihat sepele justru bisa menjadi penyebab bayi terkena sakit mata. Misalnya ketika membersihkan tempat tidur, menyapu, atau membersihkan kaca dan perabotan rumah, pastikan si kecil tidak sedang berada di dekat situ.

Debu dan kotoran dari tempat tidur atau perabotan rumah bisa menjadi ancaman berbahaya bagi mata bayi. Bagi orang yang udah cukup umur, mata yang gatal setelah bersih-bersih mungkin bisa diobati dengan obat tetes atau sekedar dikedip-kedipkan beberapa kali. Sayangnya, cara seperti itu tidak bisa dilakukan oleh anak yang masih bayi. Ketika mata si kecil terkena debu atau kotoran, mereka tidak akan bisa memberitahu siapapun dan hasilnya, kotoran akan menempel terus di dalam mata sehingga menyebabkan si bayi terserang sakit mata. Terkadang pada beberapa kasus, biasanya terjadi belekan karena mata bayi mengeluarkan kotoran terus menerus.

Sakit mata pada bayi 1 3 6 bulan balita 1 sampai 5 tahun

mata pada balita masih rentan terhadap gangguan apalagi pada bayi yang baru lahir

Faktor umum lain yang menyebabkan sakit mata pada bayi adalah paparan sinar dari alat elektronik. Mata bayi masih belum sekuat mata orang dewasa. Mereka juga belum terbiasa dengan televisi, laptop, atau HP. Jika terlalu sering mengasuh bayi sambil mengajaknya nonton TV atau menyetel video lewat laptop dan HP, mata mereka bisa terkena radiasi yang berbahaya.

Selain itu, bayi juga memiliki sifat ingin tahu. Mereka akan menyentuh laptop atau HP dengan tangan. kuman dan bakteri yang ada pada laptop dan HP sangat banyak jumlahnya, jika tangan si kecil digunakan untuk mengucek matanya setelah menyentuh laptop atau HP, bakteri-bakteri itu pun akan bermigrasi ke mata si kecil. Mata pun akan mengalami peradangan hingga berwarna merah dan ada pula yang sampai mengeluarkan cairan kekuningan.

Mata bayi sakit

jangan biarkan mata bayi melihat layar dalam waktu lama apalagi dari jarak yang dekat

Ketika sakit mata pada bayi menyerang, sebaiknya hindari langsung memberinya obat tetes mata. Bersihkan dulu mata mereka dengan menggunakan air hangat yang bersih serta handuk lembut. Usapkan handuk ke sekeliling mata ketika bayi sedang mandi. Sering-seringlah mengusap mata bayi ketika mereka tidur agar tetap terjaga kebersihannya. Gunakan handuk kering setelah mengusap mata dengan handuk basah agar kotoran lain tidak menempel ke sekitar mata si kecil.

Mengompres mata si kecil juga bisa membantu meringankan sakit mata pada buah hati. Rendam handuk dengan air panas, lalu keluarkan dan peras handuk hingga airnya habis. Gunakan handuk hangat itu untuk mengompres mata bayi ketika mereka sedang tidur. Jika sakit mata tak kunjung pulih, atau bahkan semakin memburuk, segera bawa bayi ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya serta mendapatkan obat mata khusus bayi.

Bagaimana Mencegah Sakit Mata Pada Bayi?

Tindakan pencegahan harus dilakukan begitu bayi sudah sembuh sakit matanya. Selain menjauhkan bayi dari tempat berdebu, pastikan juga untuk selalu mencuci tangan sebelum merawat bayi. Hal ini biasanya dilupakan oleh orangtua, terutama jika bayi sudah mulai rewel ketika akan dimandikan atau diganti pakaiannya.

Mencuci tangan hingga bersih sangat penting dilakukan sebelum menyentuh si kecil. Usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh area mata bayi jika tidak sangat perlu. Apabila ada anggota keluarga yang sedang sakit mata, sebaiknya tidak dekat-dekat bayi sebelum sembuh. Bayi bisa terkena penularan infeksi mata dari orang dewasa yang sakit mata.

Sakit mata bayi

membersihkan bagian mata bayi sangat disarankan untuk menyingkirkan debu/kotoran yang melekat

Menjaga kebersihan mata bayi juga sangat diwajibkan. Ketika mata si kecil mulai mengeluarkan kotoran atau belekan, sebaiknya segera bersihkan. Jangan menunggu nanti atau menunggu saat kotoran sudah banyak. Kotoran mata bayi yang tertimbun bisa menyebabkan belekan parah hingga bisa menganggu pandangan si bayi. Penyumbatan saluran air mata juga harus diwaspadai oleh para orangtua. Berikan pijatan lembut melingkar di bagian luar mata serta di bagian batang hidungnya agar saluran air matanya kembali lancar.

Debu dan kotoran di luar rumah adalah musuh besar anak bayi apalagi yang baru lahir. Saat mengajak bayi jalan-jalan keluar rumah, tutupi wajahnya dengan kain bersih. Tujuannya tentu untuk menghindarkan kotoran serta debu menempel pada mata. Bersihkan mata bayi setelah bayi diajak keluar rumah. Memperhatikan tanda-tanda kecil pada bayi juga sangat penting karena bisa membuat orangtua siaga akan bahaya sakit pada bayi.

Ketika bayi mulai rewel, carilah apakah ada gejala sakit mata atau sakit pada bagian tubuh lainnya. Dengan mengenali sakit mata pada bayi secara umum ini, diharapkan kita sudah paham apa saja yang harus dilakukan serta tindakan pencegahan agar kesehatan mata si kecil tetap terjaga.

Obat Mata © 2017