Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Penyebab dan Gejala Mata Merah

Penyebab dan Tanda-Tanda Gejala Mata Merah

Apa itu mata merah? Mata merah adalah sebuah kondisi yang muncul karena pelebaran pembuluh darah mata sehingga timbullah warna kemerahan di permukaan mata kita. Yang perlu diketahui adalah tingkat kemerahan mata biasanya tidak berhubungan dengan tingkat keparahan penyakit yang dialami. Justru tanda-tanda yang menyertai mata merah itulah yang patut untuk diperhatikan seperti rasa mual, kepala terasa sakit, gangguan penglihatan, muntah-muntah, dan sebagainya.

Pada bahasan kali ini kita akan membahas berbagai jenis penyebab serta tanda dan gejala-gejala yang mengakibatkan terjadinya gangguan mata merah. Ada yang hanya terjadi pada mata merah sebelah kiri ataupun kanan, ada juga yang kedua matanya yang mengalami kemerahan. Pada sebagian kasus, penyakit ini membutuhkan penanganan cepat, ada juga yang perlu perhatian ekstra, ataupun malah tidak memerlukan tindakan medis tertentu (hanya cukup dengan mengistirahatkan mata). Semuanya tergantung tanda, kondisi, penyebab, situasi, serta gejala yang menyertai mata merah. Baca artikel berikut untuk mengetahui cara mengatasi mata merah.
Penyebab mata merah

Penyebab Mata Merah

Apa saja yang dapat menjadi pemicu gangguan pada mata merah? Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya mata merah:
1. Kelelahan
Kelelahan karena penggunaan mata secara intens untuk kegiatan sehari-hari terutama yang berhubungan dengan layar monitor. Hal ini akan menyebabkan mata terasa perih, kering, dan berair terus-menerus, yang menyebabkan mata menjadi merah. Tak jarang pula disertai dengan sakit kepala. untuk mengatasinya biasanya cukup dengan mengistirahatkan mata beberapa menit atau meneteskan obat tetes mata.

2. Mata merah Chlamyda
Mata merah ini disebabkan oleh bakteri Chlamyda yang menular melalui hubungan seksual. Umumnya diderita oleh remaja dan dewasa di wilayah Amerika Serikat. Metode pengobatan yang digunakan adalah tetracycline atau erithromycin.

3. Subconjuctival hemorrage
Subconjuctival hemorrhage merupakan keadaan dimana mata ditutupi oleh warna kemerahan terang. Hal tersebut terjadi ketika pembuluh-pembuluh darah yang sangat kecil mengalami trauma atau luka. Peristiwa ini biasanya dipicu oleh tertawa atau muntah yang terlalu kuat dan ketika menyelam di dalam air. Kejadian ini, biasanya tidak berlangsung lama dan tidak mengganggu penglihatan.

4. Konjungtivis
Konjungtivis merupakan penyebab secara umum yang dialami oleh penderita mata merah. Konjungtivis disebabkan oleh peradangan konjungtiva, yaitu lapisan jaringan tipis yang menutupi bola mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Hal inilah yang menyebabkan pembuluh darah membengkak sehingga terlihat merah dan terasa kesat.

5. Terkena zat kimia
Beberapa zat yang bisa saja masuk ke area mata dan menyebabkan mata merah karena iritasi ialah berbagai macam zat pembersih rumah tangga, berbagai macam spray, asap kendaraan dan asap polusi pembakaran, serta bahan-bahan dari limbah industry.

6. Mata kering
Air mata berfungsi sebagai pelumas mata yang menjadi pelembab mata yang dapat menangkal berbagai jenis infeksi dari kotoran-kotoran yang masuk ke dalam area mata. Mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak mampu memproduksi cairan mata dalam jumlah yang banyak atau karena jumlah air yang menguap ke udara terlalu banyak.

Selain dipengaruhi oleh bertambahnya usia yang mengalami kurangnya kelembaban pada fungsi matanya, mata kering juga dipicu oleh kondisi cuaca yang panas, kering, atau berangin, penggunaan lensa mata yang terlalu lama, serta peradangan pada kelopak mata. Untuk menangani mata kering, silahkan baca di artikel berikut ini cara mengatasi mata kering.

7. Mata mengalami luka
Mata marah karena luka seringkali disebabkan oleh kecelakaan, kecerobohan, goresan kecil yang mengenai kornea, baru saja menjalani operasi, ataupun karena luka bakar. Hal tersebut menyebabkan pelebaran pembuluh mata. Dalam kasus lain jika mata mengalami pendarahan akan memerlukan penanganan secara medis.
Penyebab mata merah sebelah kiri dan kanan

Gejala Mata Merah

Tanda-tanda dan gejala yang ditunjukkan pada mata merah berbeda-beda pada setiap kasusnya, hal ini bergantung pada faktor pemicu atau penyebab mata merah tersebut. Secara umum, ciri-ciri dan gejala mata merah dikarenakan perbesaran pembuluh darah pada bagian putih mata atau pada bagian kelopak mata.
1 Disebabkan oleh alergi
Gejala yang yang ditunjukkan saat mata merah disebabkan alergi biasanya akan disertai dengan gejala gatal yang sangat luar biasa, disertai dengan keluarnya air mata dan juga kelopak mata akan mengalami pembengkakan.

Dalam beberapa kasus disertai juga dengan rasa nyeri namun tidak begitu terasa atau bahkan sama sekali tidak terasa. Beberapa benda yang menyebabkan alergi biasanya adalah debu, serbuk sari, ataupun bulu binatang. Selain menimbulkan mata merah, gejala alergi seringkali disertai dengan bersin-bersin, hidung gatal, dan radang tenggorokan.

2. Disebabkan oleh zat kimia
Gejala mata merah yang ditunjukkan karena paparan zat kimia berupa mata berair, mata terasa perih, diikuti dengan keluarnya kotoran mata yang berwarna keputihan.

Mata merah yang disebabkan oleh paparan zat kimia seringkali memerlukan penanganan secara medis dan dianjurkan untuk membilas mata menggunakan air bersih sebanyak banyaknya sebelum mmendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

3. Disebabkan oleh bakteri
Gejala umum adalah mata menjadi merah, gejala lainnya akan muncul rasa nyeri pada mata, mata membengkak, terkadang juga mengeluarkan kotoran yang berwarna kuning kehijauan, mata terasa berpasir, sering merasa silau, hingga mata terasa lengket ketika bangun tidur. Dalam kondisi yang parah, penderita mata merah juga bisa mengalami demam, sakit kepala, dan juga badan terasa lemas.

4. Disebabkan oleh virus
Gejala yang menandai mata merah yang disebabkankan oleh infeksi virus berupa bengkak pada kelopak mata, timbulnya rasa gatal dan rasa terbakar, mata mengeluarkan banyak air mata. Serta mata akan mengeluarkan kotoran yang bening atau keputihan.

Kenali penyebab mata merah diatas agar kita dapat segera menentukan tindakan selanjutnya. Ketahui pula gejala serta tanda-tanda yang memicu munculnya sakit mata merah supaya kita bisa mencegah ataupun mengurangi resiko terkenanya ganngguan mata merah. Selalu sayangi mata kita, jangan digunakan secara berlebihan tanpa istirahat yang cukup.

Obat Mata © 2017