Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Penyebab dan Ciri-Ciri Rabun Dekat

Benda yang jauh dapat dilihat dengan jelas, sementara pandangan pada objek yang dekat akan nampak kabur dan tidak bisa dilihat dengan jelas oleh mata. Kondisi penglihatan inilah yang dinamakan dengan sebutan penyakit rabun dekat atau hyperopia. Gangguan mata ini memiliki beragam tingkat yang akan mempengaruhi kemampuan dari fokus mata.

Mata yang mengalami rabun jauh sering pula disebut dengan atau mata plus hipermetropi. Biasanya, gangguan mata plus ini kerap dialami oleh orang yang menginjak usia 40 tahun keatas. Meskipun demikian, anak-anak dan remaja pun bisa terkena penyakit ini walaupun jarang.

Penyebab dan ciri ciri hipermetropi mata plus

penglihatan kabur pada benda dekat merupakan ciri-ciri rabun dekat atau mata plus atau hipermetropi

Jika mengalami penyakit mata plus ini, lihat artikel berikut untuk menanganinya sebagai cara untuk menyembuhkan rabun dekat. Untuk pembahasan kali ini, kita akan melihat tentang berbagai gejala dan ciri-ciri serta beberapa penyebab dari penyakit mata plus ini.

Ciri-Ciri Rabun Dekat

Beberapa hal berikut ini merupakan tanda-tanda jika seseorang mulai atau menderita mata plus atau Hipermetropi.
1. Sakit kepala yang semakin terasa jika kita melihat kea rah dekat dalam jangka waktu beberapa menit saja.
2. Penglihatan yang tidak nyaman, terutama pada saat pandangan terfokus pada jarak tertentu dalam waktu yang cukup lama, seperti ketika menonton televisi.
3. Penglihatan kabur pada saat melihat objek atau benda dengan jarak yang cukup dekat.
4. Mata menjadi cepat lelah ketika membaca dalam jarak yang cukup dekat.
5. Pandangan menjadi kabur ketika melihat benda dalam jarak jauh ataupun dekat. Hal ini biasanya dialami oleh penderita Hipermetropi yang sudah agak tinggi (3,00 sampai 6,00 D)

Penyebab Rabun Dekat

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan mata plus.
1. Faktor genetika atau faktor keturunan. Sebagian besar seseorang yang menderita rabun dekat karena diwariskan oleh orang tuanya. Namun tidak menutup pula karena faktor lain.
2. Kebiasaan melihat benda dalam jarak yang terlalau dekat. Sehingga kelenturan mata menjadi bekurang dan kurangnya akomodasi mata.
3 Faktor usia terutama pada seseorang yang telah berusia di atas 40 tahun.

Itulah gejala, ciri-ciri, dan tanda-tanda serta penyebab rabun dekat. Selain beberapa faktor diatas, mata plus juga dapat disebabkan oleh faktor lain seperti tumor di sekitar mata, diabetes, masalah pada pembuluh darah pada retina atau foveal hypoplasia, serta mata yang tidak berkembang sempurna saat masih bayi di dalam kandungan atau sindrom mata kecil.

Obat Mata © 2017