Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Penyebab Bintitan & Cara Mengobati Mata Timbilan

Mata Bintitan dan Timbilan

Bintitan sering pula disebut dengan istilah timbilan. Timbilan terjadi karena kondisi peradangan pada kelopak mata. Peradangan ini biasanya akan terlihat seperti adanya benjolan kecil berwarna merah di bawah sepanjang garis bulu mata, baik di sudut bagian mata ataupun di kelopak mata kita. Sebagian besar kasus, penyakit bintitan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga empat hari saja.

Walaupun gangguan bintitan atau timbilan atau timbilen ini bukan termasuk penyakit yang berbahaya, namun keberadaannya menimbulkan rasa sakit. Kita juga akan merasa seperti adanya benda asing yang menghalangi pandangan mata sehingga terasa sangat mengganggu. Hal ini disebabkan oleh adanya tonjolan yang menyerupai bisul pada mata, entah itu dibagian luar ataupun di bagian dalam kelopak mata.

Penyebab mata bintitan dan timbilan

Benjolan seperti bisul pada mata timbilan/bintitan bisa berada diluar ataupun didalam kelopak mata

Penyebab Mata Bintitan

Mata bintitan secara medis disebut dengan hordeolum yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus yang menginfeksi bagian sekitar kelopak mata. Kurangnya kita untuk menjaga kesehatan mata juga dapat memicu timbulnya mata bintitan dimana debu dan kotoran yang menempel pada mata kita akan memicu tumbuhnya bakteri.

Secara umum mata bintitan disebabkan akibat terjadinya infeksi pada bagian akar atau pangkal bulu mata (folikel) yang ditimbulkan oleh banyak faktor diantaranya bulu mata tercabut kemudian terinfeksi bakteri. Kelilipan mata akibat debu atau benda asing lain yang masuk dalam mata akan membuat mata terinfeksi bakteri, kemudian menimbulkan peradangan yang diawali dengan mata terasa gatal dan nyeri pada bagian pinggir kelopak mata.

Jika terdapat rasa gatal pada mata, tidak disarankan untuk mengucek bagian mata. Tujuannya untuk mencegah terjadinya infeksi, apalagi jika tangan kita dalam keadaan tidak bersih. Lebih baik mencuci muka dengan sabun untuk membersihkan kemungkinan adanya kuman atau bakteri pada pangkal bulu mata. Itulah beberapa penyebab mata bintitan atau timbilan yang umum terjadi.

Tanda, Gejala , dan Ciri-Ciri Bintitan

Mata bintitan seringkali disertai dengan rasa nyeri dan tidak nyaman. Beberapa gejala yang dapat kita ketahui adalah:
1. Kelopak mata yang memerah disertai rasa nyeri, membengkak, dan rasa sakit saat disentuh.
2. Munculnya benjolan kecil yang terasa sakit di kelopak mata atau sekitar dasar bulu mata.
3. Iritasi dan keluarnya cairan dari mata yang sakit
4. Rasa tidak nyaman saat berkedip
5. Adanya bintik berwarna kekuningan di tengah bintit. Hal ini disebabkan oleh nanah yang naik ke permukaan bintit

Cara mengobati mata bintitan dan timbilan

Umumnya timbilan atau bintitan dalam banyak kasus hanya menyerang sebelah mata saja

Cara Mengobati Mata Bintitan

Rasa nyeri dan sakit yang ditimbulkan oleh mata timbilan terkadang sangat mengganggu. Untuk meredakan ataupun meringankan nyeri yang dirasakan, kita dapat melakukan beberapa cara seperti mengompres mata dengan air hangat menggunakan washlap yang bersih dan meletakkan dengan lembut pada permukaan mata tertutup selama kurang lebih 10 menit. Kita juga dapat menggunakan obat-obatan pereda rasa nyeri untuk meringankan infeksi dengan obat antiinflamasi seperti ibuprofen atau parasetamol sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Agar infeksi pada kelopak mata yang bintitan tidak semakin parah, jangan gunakan lensa kontak sebaiknya anda menggunakan kacamata untuk melindungi mata dari debu yang dapat memperparah infeksi. Jangan terlalu sering menggunakan riasan mata, terutama penggunaaan alat riasan yang bergantian. Jika kondisi yang mengharuskan untuk anda menyentuh mata, maka pastikan anda sudah mencuci tangan anda hingga bersih.

Polymyxin B Sulfat merupakan salah satu antibiotic yang efektif untuk mengobati bintit serta meringankan infeksi bakteri pada mata lainnya. Menggunakan larutan pelembab untuk scrup kelopak mata juga bisa membantu melembabkan mata serta meredakan rasa nyeri.

Jika anda sudah mengalami mata bintitan, usahakan untuk menghindari mata anda menjadi lelah. Karena mata lelah dapat mengiritasi bintit dan menyebabkan rasa nyeri yang lebih lama. Jangan pernah anda memecahkan atau memencet bintit secara sengaja. Karena bintit akan mengkerut dan menghilang dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas. Jika bintit membuka dengan sendirinya dan mengeluarkan cairan yang ada di dalamnya, gunakan lap bersih dan bersihkan luka yang membuka dengan air bersih. Anda juga dapat menggunakan kain kasa medis ke mata untuk membantu menyerap cairan yang keluar setelah itu.

Jika bintit tidak sembuh setelah lebih dari 7 hari dan disertai gejala yang semakin parah, anda harus periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Kebiasaan hidup bersih dapat menghindarkan anda dari mata bintitan dan penyakit lainnya, terutama kebiasaan mencuci tangan. Jika anda pernah mengalami bintit sebelumnya, secara alami anda lebih rentan terhadap bintit dibandingkan dengan orang lain. Dalam kasus ini,yang perlu anda perhatikan adalah menjaga kebersihan mata dan menghindari kebiasaan untuk mengucek mata dengan keras saat mata terkena debu dan kotoran. Hindari juga untuk menggunakan atau meminjamkan sesuatu yang digunakan di sekitar mata karena akan menyebabkan penularan bintit.

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab mata bintitan atau timbilan, beserta berbagai ciri-ciri, tanda-tanda, dan gejala, serta tips cara untuk mengobati mata bintitan yang bisa Anda ikuti jika mengalami masalah ini.

Obat Mata © 2017