Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Obat Sakit Mata Belekan

Cara Mengobati Mata Belekan

Mata merupakan salah satu organ yang termasuk alat indera yang sangat penting bagi kita. Fungsi mata adalah sebagai alat untuk melihat apa yang ada di sekitar kita. Pentingnya mata bagi kita juga memiliki sifat yang sensitif. Mata lebih berpotensi terkena infeksi dari virus dan bakteri dari udara. Salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada mata adalah belekan.

Belekan adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu aktivitas kita. Saat mata mengalami belekan, kita akan melihat banyak kotoran yang masuk pada area mata. Gejala-gejala yang ditimbulkan saat kita mengalami belekan adalah mata berair, memerah, mengeluarkan cairan kental yang kotor, terasa gatal, dan mata nampak seperti berawan saat melihat. Hal ini dapat terjadi pada bayi, anak-anak, hingga orang tua, baik perempuan maupun laik-laki.

Penyebab dan cara mengobati mata belekan

Mengenal penyebab dan cara mengobati mata belekan

Penyebab Mata Belekan

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya belekan pada mata. Ini dia yang menjadi pemicu gangguan mata satu ini:

  1. Viral Conjungtivitis

Yaitu merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh virus dan termasuk ke dalam penyakit menular. Ciri-cirinya adalah keluarnya cairan bening dan encer dari mata.

  1. Belekan Karena Bakteri

Bakteri merupakan salah satu penyebab dari mata belekan. Bakteri dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada mata yang sedang mengalami peradangan. Ciri-cirinya adalah mata mengeluarkan cairan kuning yang kental. Penyakit ini ini juga termasuk dalam penyakit menular.

  1. Belekan Yang Disebabkan Alergi

Beberapa orang memiliki alergi yang berdampak pada mata saat terkena debu, serbuk sari bunga, atau bulu hewan peliharaan. Hal ini dapat terjadi dalam jangka panjang. Belekan yang disebabkan oleh alergi dapat dikategorikan sebagai penyakit yang tidak menular.

  1. Belekan Yang Dipicu Oleh Iritasi

Iritasi pada mata dapat terjadi karena kelilipan atau percikan cairan. Jika terjadi demikian, mata akan mengalami gejala seperti mengeluarkan cairan kental namun akan sembuh dalam waktu yang cukup singkat.

Cairan-cairan yang keluar dari mata yang disebabkan karena penyakit belekan juga terbagi dari beberapa jenis berdasarkan warna cairan yang dikeluarkan:

  1. Lendir hijau

Lendir ini disebabkan oleh bakteri piogenik yang dapat memproduksi nanah. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa mata memerah, iritasi, dan gatal.

  1. Lendir kekuningan

Hal ini dapat disebabkan saat mata juga mengalami bintitan. Gejala yang ditimbulkan biasanya kelopak mata membengkak, memerah, dan akan sembuh dengan sendirinya. Sebaiknya benjolan bintit yang muncul tidak dipencet dengan sembarangan karena dapat menular pada bagian mata yang lainnya.

  1. Lendir putih atau kuning

Lendir yang dikeluarkan mata berwarna putih atau kuning yang dikeluarkan bersamaan dengan air mata merupakan tanda dari dakriosistitis, yaitu terjadinya infeksi pada saluran air mata. Gejalanya adalah seluruh wajah akan terasa sakit, memerah, dan membengkak di sekitar tulang hidung.

  1. Lendir tebal dan mengering

Hal ini dapat disebabkan oleh blepharitis yang disebabkan oleh bakteri dari kulit. Bakteri pada kulit di sekitar mata dapat tumbuh dan menginfeksi kelopak dan bulu mata. Mata juga akan mengalami peradangan dan memerah. Terkadang juga disertai terjadinya penebalan bola mata.

  1. Lendir berbusa berwarna kuning kehijauan

Hal ini dapat terjadi karena disfungsi kelenjar meiborm (MGD) yang memproduksi mata berlendir dan berwarna kuning kehijauan dan berbusa.

  1. Cair

Hal ini dapat disebabkan oleh virus atau disebut juga dengan konjungtivitis virus. Gejalanya adalah mata membengkak, penglihatan menjadi kabur, memerah, dan terasa seperti kelilipan.

  1. Putih berair, lengket, dan berserabut

Hal ini biasanya disebabkan oleh alergi. Mata akan memproduksi belek dan partikel asing yang akan membentuk lendir yang kental pada bagian bawah mata.

Obat mata belekan

penyakit mata belekan dapat diatasi dengan obat apotik maupun obat tradisional alami

Obat Mata Belekan

Di apotik-apotik terdekat sudah banyak terjual obat yang dapat digunakan untuk mengobati belekan. Obat belekan dapat berupa salep dan obat tetes mata. Salep mata lebih efektif dalam mengobati belekan. Obat mata dalam bentuk salep tidak mudah larut dalam air. Namun kelemahannya, obat salep mata sangat mengganggu pandangan dan memberikan rasa yang tidak nyaman pada mata serta dapat mengganggu pandangan. Sebelum memutuskan untuk membeli obat mata belekan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar pemakaiannya aman.

Obat Belekan Tradisional

Selain obat salep maupun obat tetes, juga ada beberapa pengobatan tradisional alternatif lainnya yang lebih alami dalam mengobati mata belekan.

  1. Daun sirih

Daun sirih diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri, sehingga dapat digunakan pada mata belekan terutama yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Caranya adalah beberapa lembar daun sirih direbus menggunakan air garam hingga mendidih. Setelah dingin, bersihkan mata sambil membuka dan menutup mata. Pengobatan dengan daun sirih dapat dilakukan sebanyak tiga kali sehari.

  1. Bawang putih

Bawang putih juga diketahui memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat membunuh bakteri yang terdapat pada belek. Caranya adalah bawang putih yang bersih dihancurkan secara kasar atau digeprek. Kemudian gosokkan perlahan-lahan di sekitar mata terutama bagian bawah. Penggunaan bawang putih untuk mengobati mata belekan dapat menimbulkan sedikit rasa perih dan gatal. Namun hal tersebut merupakan bentuk reaksi zat-zat pada bawang putih dengan mata. Hal ini sangat aman dan dapat dilakukan hingga beberapa kali.

  1. Madu

Madu sudah dibuktikan dapat mengobati mata merah dan belekan. Caranya adalah bersihkan mata terlebih dahulu dengan air hangat. Kemudian teteskan madu murni pada mata yang sakit. Penggunaan madu untuk mata diketahui sangat aman dan dapat dilakukan selama tiga kali sehari.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah saat kita mengalami belekan agar tidak bertambah parah.

  1. Jangan menggaruk atau mengucek mata yang sakit dengan tangan secara langsung.
  2. Gunakan kaca mata untuk mencegah kotoran lebih banyak menempel pada mata.
  3. Jangan menggunakan obat mata dalam jangka panjang. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya kekebalan bakteri terhadap obat mata sehingga obat tidak mampu lagi membunuh bakteri pada mata belekan.

Itulah ulasan mengenai penyebab penyakit mata belekan beserta beberapa tips dan cara mengatasinya dengan obat sakit mata belekan baik tradisional maupun yang ada di apotek. Jangan lupa untuk selalu menyayangi dan menjaga kesehatan mata kita.

Obat Mata © 2017