Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Obat Mata Minus Tradisional Yang Ampuh

Obat Tradisional Sakit Mata Minus

Mata minus atau biasa disebut rabun jauh, kerap menjadi masalah yang sangat mengganggu. Apalagi rabun jauh ini juga bisa menyerang siapa saja, tak peduli usia maupun laki-laki atau perempuan. Rabun jauh terjadi karena cahaya yang ditangkap mata tak bisa terfokus pada retina. Hal itu berakibat jarak pandang mata terbatas sehingga ketika melihat benda berjarak jauh terkesan buram. Kondisi ini membuat penderita rabun jauh harus menyipitkan mata saat melihat benda jarak jauh tanpa menggunakan kacamata.

Pada kasus tertentu seperti penderita rabun jauh masih tidak mengetahui bahwa matanya minus, mereka akan memaksa mata melihat benda di jarak jauh tanpa bantuan kaca mata. Hal itu dapat mengakibatkan sakit kepala lantaran mata harus bekerja lebih berat. Jika tidak cepat diobati, minus mata akan makin bertambah, terutama jika mata terus diforsir melihat benda-benda jarak jauh.
Obat tradisional sakit mata minus

Ketika memiliki mata minus (mata kabur), banyak orang cenderung memilih menggunakan kaca mata atau menggunakan lensa kontak. Ada pula yang melakukan operasi atau bahkan implantasi lensa buatan. Sayangnya, cara-cara diatas tentu lebih merepotkan. Melakukan operasi mata atau implantasi lensa juga membutuhkan biaya mahal pula. Padahal, mengobati mata minus secara tradisional bisa menjadi pilihan. Selain tidak memerlukan biaya tinggi, cara tradisional tentunya alami sehingga aman pada mata.

Obat Tradisional Mata Kabur

Sebagai media penyalur dunia luar dengan otak kita, mata juga membutuhkan asupan nutrisi yang tak kalah dari organ tubuh lainnya. Kesehatan mata dapat dijaga melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Ketika kalian mulai merasakan gangguan pada mata, seperti pandangan buram ketika harus melihat jarak jauh, segera makan makanan-makanan yang bisa menyegarkan mata. Makanan yang mengandung vitamin A, E, beta karoten dan zinc adalah makanan yang cocok dikonsumsi agar kesehatan mata terjaga.

Jangan lupa untuk selalu memasukkan makanan berikut pada menu makanan sehari-hari. Sayuran seperti wortel, bayam, kol, dan tomat harus menjadi menu andalan kalian. Telur dan ikan salmon juga harus kita masukkan ke menu makanan karena keduanya berfungsi menjaga mata agar tetap ternutrisi dengan baik. Jus wortel, belimbing, dan buah bit juga bisa menjadi obat alami bagi mata. Ketiga jus tersebut baik dikonsumsi setiap hari, pagi dan sore. Jus tersebut akan menyegarkan tubuh serta menyehatkan pula.

Salah satu penyebab rabun jauh mata kabur adalah pola makan yang tidak seimbang. Kurangnya mengkonsumsi sayur adalah penyebab rusaknya mata. Jenis makanan yang baik untuk mata mudah didapatkan dan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membelinya, oleh karena itu pastikan untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Cara menyembuhkan mata minus dengan obat tradisional yang kedua adalah dengan bantuan daun sirih. Daun sirih memang dipercaya ampuh untuk mengobati beberapa macam penyakit karena memiliki sifat membersihkan kotoran. Bahkan, ketika terjadi gangguan lain pada mata, seperti timbilan atau belekan, daun sirih bisa digunakan sebagai obat yang mujarab. Untuk urusan rabun jauh, daun sirih bisa dimanfaatkan sebagai terapi. Siapkan 2 lembar daun sirih dan cuci hingga bersih. Sebelum tidur di malam hari, tempelkan masing-masing daun sirih tersebut di mata. Agar daun sirih tetap menempel di mata, kalian bisa menggunakan plester. Selama daun sirih menempel di mata, daun sirih bisa mengobati iritasi dan membunuh kuman maupun bakteri yang ada di mata. Setelah bangun tidur, lepaskan daun sirih dan basuhlah sekitar mata dengan air bersih.
Obat tradisional mata kabur

Obat tradisional mata minus yang lain untuk mengatasi rabun jauh yang lumayan populer adalah dengan cara terapi lilin. Berbeda dengan daun sirih yang ditempelkan ke mata, lilin justru tidak untuk ditempel di mata. Cukup nyalakan lilin dan tatap nyala api pada puncak lilin. Jangan terlalu dekat namun jangan terlalu jauh, berikan jarak yang cukup. Tatap lilin tanpa berkedip hingga keluar air mata. Cara ini memang sangat simpel, tetapi bisa membersihkan kotoran-kotoran yang bersarang di dalam mata.

Obyek pandang juga bisa menjadi penyebab minus mata makin meningkat. Bagi kita yang selalu sibuk di depan komputer atau laptop, alangkah baiknya untuk selalu mengistirahatkan mata setiap 15 menit sekali. Hindari terpaku pada layar dalam waktu berjam-jam tanpa mengalihkan pandangan sama sekali. Luangkan satu atau dua menit untuk sekadar melihat ke arah lain. Akan lebih baik jika kalian meletakkan meja kerja di depan jendela yang menghadap ke kebun atau halaman rumah. Melihat pemandangan hijau dapat membantu mata merasa sejuk. Berikan tanaman hijau, kolam kecil, atau air mancur di halaman rumah sebagai relaksasi mata setelah bekerja menatap komputer atau laptop. Jarak pandang pada layar sangat dekat, alasan itulah yang menyebabkan mata rabun jauh. Jika kalian meluangkan satu dua menit untuk melihat benda yang jaraknya jauh, atau pemandangan menyejukkan, mata akan terlatih dan tidak akan kaku.

Bagi penderita rabun jauh yang mengenakan kaca mata atau kontak lensa, sangat disarankan untuk melepasnya ketika tidak diperlukan. Hindari kebiasaan memakai kaca mata jika tidak benar-benar harus memakainya. Cara itu bisa membuat minus mata sedikit berkurang. Terutama setelah seharian mengenakan kaca mata atau kontak lensa, mata akan sangat lelah. Lepaskan kaca mata atau lensa kontak, lalu siapkan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Tutup kedua mata sembari mengompresnya dengan handuk hangat tadi. Kalian bisa sekalian berbaring untuk beristirahat setelah aktifitas sehari yang padat. Mengapa melepas kaca mata bisa mencegah minus mata bertambah, dan bahkan mengurangi minus mata? Karena ketika memakai kaca mata, bola mata jarang digerakkan untuk melirik ke samping. Ketika melihat objek di samping, seseorang berkacamata akan lebih sering menoleh agar bisa melihat melalui kaca mata sehingga otot-otot pada mata jarang digerakkan ke samping kanan atau kiri.

Otot mata, seperti otot pada bagian tubuh yang lain, juga bisa dilatih dengan melakukan senam mata. Gerakan yang dilakukan diawali dengan menatap lurus ke depan. Angkat bola mata ke atas secara perlahan lalu tahan hingga 10 detik. Kembalilah menatap lurus ke depan selama 10 detik juga. Kemudian arahkan bola mata ke samping kiri dan tahan 10 detik. Lalu arahkan ke samping kanan dan tahan juga selama 10 detik. Gerakan lain yang bisa dilakukan dalam senam mata adalah memutar bola mata searah jarum jam. Senam mata ini bisa dilakukan dua kali sehari, saat pagi dan sore. Pastikan tidak mengenakan kaca mata ketika melakukan senam mata. Tujuan dari senam mata ini tentu untuk menjaga kelenturan otot-otot mata.

Tips diatas adalah obat mata minus secara tradisional. Agar ampuh dan hasilnya lebih cepat, selalu lakukan dengan rutin. Jangan melakukannya setengah-setengah lalu berhenti. Mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan bergizi merupakan kewajiban, tidak hanya untuk menyehatkan mata tetapi juga bisa menyehatkan tubuh. Terapi serta senam mata juga layak dicoba agar minus mata tidak semakin bertambah.

Obat Mata © 2017