Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Obat Katarak Tanpa Operasi

Mata Katarak Sembuh Tanpa Operasi

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, katarak adalah penyakit yang menyerang mata. Mata yang terkena katarak akan kesulitan melihat lantaran ada kabut yang menutupi lensa mata. Katarak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah sinar ultraviolet dari matahari. Sayangnya, wilayah Indonesia yang berada di garis khatulistiwa menyebabkan seseorang lebih muda terserang katarak daripada orang lain yang tidak tinggal di iklim tropis.

Tak hanya paparan sinar ultraviolet, faktor usia dan genetika juga bisa menjadi penyebab katarak. Seiring bertambahnya usia, serat mata bisa mengalami perubahan hingga menurunkan kinerja mata. Hal itu bisa memicu mata terserang katarak. Bawaan dari orangtua atau cacat mata sejak lahir juga bisa menyebabkan seseorang terkena katarak. Operasi mata, cedera mata, atau radang pada mata juga bisa memicu katarak.

Katarak pada mata tidak serta-merta parah hingga membuat pandangan buram. Gejalanya bisa dirasakan 3 hingga 5 tahun dimana katarak makin berkembang di mata. Beberapa gejala katarak biasanya disepelekan oleh banyak orang. Mata terasa gatal, air mata sering keluar ketika mata terasa sakit, silau pada sinar lampu, dan penglihatan menurun pada malam hari adalah tanda-tanda awal katarak. Makin lama, penderita akan melihat seolah ada awan yang menghalangi pandangan. Jika dibiarkan, lama-kelamaan selaput akan menutupi seluruh lensa mata dan pandangan mata akan tertutup. Katarak dapat diobati secara medis maupun secara alami. Operasi penggantian lensa mata adalah salah satu opsi medis yang bisa ditempuh penderita katarak. Lalu, jika tidak ingin memiliki lensa mata buatan, bagaimana caranya agar mata katarak sembuh tanpa operasi? Adakah ramuan obat yang manjur dan mujarab?
Obat alami katarak tanpa operasi

Pengobatan tradisional bisa ditempuh untuk menyembuhkan mata katarak. Penyembuhan mata katarak secara alami pun tidak sulit. Pengobatan secara alami sebaiknya dilakukan sejak gejala awal muncul, seperti pandangan yang mulai kabur atau seperti ada awan yang menghalangi pandangan. Dengan begitu, katarak dapat dicegah dan tidak bertambah parah.

Obat Alami Mata Katarak Tanpa Operasi

Ketika mulai merasakan gejala katarak, segera konsumsi bawang putih setiap hari. Kandungan sulfur dan glukosinates pada bawang putih dapat menjadi antioksidan dan menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa bersumber dari makanan berpengawet maupun sinar matahari atau sinar yang terlalu terang seperti gadget. Makan dua hingga tiga suing bawang putih per hari bisa membersihkan lensa mata dari kabut katarak. Jika tidak kuat memakan bawang putih, pastikan untuk memasak makanan yang menggunakan bumbu bawang putih.

Makanan yang bisa menjaga kesehatan mata adalah kuning telur. Kandungan pada kuning telur yang berupa lutein dan zeaxathin dapat mengobati kabut yang menutupi lensa mata. Jadi, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi kuning telur setiap hari. Cara mengkonsumsinya bisa dengan direbus atau dimakan langsung tanpa dimasak. Tak ada salahnya pula untuk memberikan kuning telur pada anak-anak karena bisa mencegah katarak pada mata.

Selain makanan berat seperti kuning telur, camilan juga ada yang berkhasiat mengobati katarak tanpa operasi. Jenis makanan kecil itu adalah kuaci atau biji bunga matahari. Siapa sangka makanan sekecil itu ternyata mengandung vitamin E sebagai sumber antioksidan yang bisa menyembuhkan katarak. Tak hanya menyembuhkan, vitamin E pada kuaci bisa menjaga kesehatan mata dari pengaruh radikal bebas. Maka, konsumsi kuaci secara rutin agar kesehatan mata tetap terjaga. Keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah kulit juga bisa terlindungi oleh vitamin E yang ada pada kuaci.

Selanjutnya adalah sayur yang bisa menjadi pilihan dalam menyembuhkan katarak secara alami tradisional tanpa operasi. Sayur yang sangat baik adalah brokoli. Sayur hijau ini mensuplai berbagai nutrisi yang dibutuhkan mata, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, fosfor, beta karoten, dan zeaxanthin. Cukup rebus brokoli beberapa saat, lalu konsumsi tanpa menambahkan garam atau bumbu lain. Sayur lain yang juga baik dikonsumsi setiap hari untuk mengobati katarak adalah sayur bayam. Bayam dapat mengembalikan kesehatan makula mata sekaligus menghilangkan selaput yang melapisi lensa mata pada penderita katarak. Sama dengan brokoli, caranya dengan merebus bayam beberapa saat sebelum mengkonsumsinya. Kedua sayuran tadi bisa dikonsumsi secara bergantian setiap harinya agar tidak bosan.

Setelah membahas makanan-makanan yang cocok sebagai pengobatan katarak, kali ini mari membahas minuman apa saja yang baik untuk mengatasi katarak tanpa operasi. Minuman yang terbuat dari buah-buah segar sangatlah baik bagi tubuh dan bagi kesehatan mata. Mengkonsumsi berbagai jus per hari dapat membantu penderita katarak mencegah selaput menutupi seluruh lensa mata. Jus pertama adalah jus wortel. Sayur berwarna oranye ini memang telah dikenal sebagai asupan utama bagi kesehatan mata. Mengkonsumsi jus wortel setiap hari bisa menipiskan katarak serta menjaga kesehatan mata untuk kedepannya.

Jenis jus yang kedua adalah jus lemon yang dicampur minyak zaitun. Kedua buah ini sangat baik bagi mata karena mengandung vitamin C dan vitamin A. Cara pembuatan jus ini adalah dengan memeras lemon sebanyak satu gelas. Kemudian tambahkan satu sendok the minyak zaitun. Jus ini pun akan menjadi antioksidan yang menekan perkembangan katarak pada mata. Selain lemon dan minyak zaitun, wheatgrass juga cocok dikonsumsi setiap hari oleh penderita katarak. Tanaman yang satu ini mengandung vitamin A dan vitamin E yang bagus untuk kesehatan mata. Selain dalam bentuk jus, wheatgrass juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Terakhir adalah minuman teh hijau. Teh hijau memang dikenal sebagai minuman kesehatan yang bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. Sebagai sumber antioksidan, teh hijau baik dikonsumsi baik oleh semua orang, tidak hanya penderita katarak saja. Bagi penderita katarak, teh hijau bisa menghilangkan selaput pada lensa mata. Tak ada salahnya untuk terus mengkonsumsi teh hijau meskipun selaput sudah hilang karena teh hijau bisa menjaga kesehatan mata katarak.

Obat Mata © 2017