Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Cara Menyembuhkan Mata Silinder

Obat Mata Silinder

Apa itu mata silinder? Mata silinder atau astigmatisma adalah gangguan mata yang biasa kita kenal dikarenakan oleh lengkungan lensa mata yang tidak sama. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan mata untuk memfokuskan cahaya dari kornea ke satu titik di retina sehingga pandangan menjadi kabur bahkan pada semua jarak.

Kesempatan kali ini kita akan membahas tips untuk mengenali dan mengatasi penyakit mata silinder. Kita mulai dari penyebab dari kelainan mata silindris ini. Oh iya, terkadang gejala mata astigmatisme juga disertai dengan pusing kepala. Kondisi ini bisa terjadi karena bawaan lahir. Adapun penyebab mata silinder lainnya seperti dibawah ini.
Obat mata silinder

Penyebab Mata Silinder
1. Kurang mengonsumsi makanan sehat (4 sehat 5 sempurna) yang memenuhi kecukupan gizi terutama bagi mata.
2. Berada di lingkungan yang kurang sehat. Khususnya daerah yang mengalami banyak pencemaran serta polusi.
3. Radiasi yang dipancarkan oleh layar dan monitor sehingga membuat mata semakin cepat kering.
4. Keratoconus dan keratoglobus, merupakan keadaan dimana kornea dapat berubah bentuk menggembung atau menipis.
5. Gangguan mata mata lainnya seperti kelainan pada kelopak mata dan penyakit mata.
6. Komplikasi setelah menjalani operasi.
7. Infeksi pada jaringan parut kornea oleh virus dan bakteri.
8. Hipermetropi (rabun dekat) dan Miopi (rabun jauh) yang biasanya menyertai silinder.

Tips Mencegah Mata Silinder
Ada beberapa langkah preventif yang dapat kita upayakan sebagai langkah pencegahan mata silinder seperti dibawah ini:
1. Mencukupi kebutuhan vitamin untuk mata, terutama vitamin A dengan mengonsumsi sayur seperti bayam, wortel, sawi, labu, tomat, brokoli dan lain-lain. Mengonsumsi buah-buahan seperti manga, jeruk dan belimbing stroberry, blueberry dan buah lainnya. Mengonsumsi daging, baik daging sapi ataupun ikan, serta kerang-kerangan. Disarankan untuk makanan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna.
2. Melatih elastisitas lensa mata, untuk melatih daya akomodasi mata. Caranya dengan sesekali melatih melihat objek dekat kemudian jauh beberapa kali. Tidak hanya terpatok pada satu jarak saja. Minimal 50 cm jarak paling dekat. Anda juga dapat melatih jarak jauh mata dengan memandang pemandangan terutama tanaman hijau. Warna hijau dan biru dipercaya baik terhadap mata.
3. Menghindari kebiasaan buruk ketika membaca dalam keadaan terlalu dekat sepanjang siku anda, ataupun membaca dalam kondisi pencahayaan yang terlalu gelap. Hindari juga membaca sambil tiduran. Jika terlalau lelah anda juga dapat mengedipkan mata berulang kali untuk melumasi mata dan merilekskan otot-otot mata.
4. Mendapat sinar matahari yang cukup terutama matahari pagi.
5. Menjaga kesehatan mata secara rutin dan teratur dengan menyeka mata dari sisi kiri ke kanan sekali usap dengan kain yang telah dicelupkan pada air hangat serta mengompres mata dengan kapas yang sudah di celup dengan air.
6. Melakukan olah raga mata. Caranya dengan olahraga kecil untuk melatih kelenturan otot-otot mata. Pertama, membuka mata agar mendapatkan oksigen baru yang cukup, pandangan arahkan lurus ke depan, tekan kedua pelipis dan pijat secara perlahan memutar searah jarum jam. Kemudian ke bagian belakang bawah kepala anda, pijat perlahan. Anda juga dapat melatih mata untuk melirik-lirik kanan-kiri.
Cara mengatasi dan menghilangkan penyakit mata silinder secara alami

Ciri-Ciri Tanda Gejala Mata Silinder
– Mata lelah
– Sakit kepala
– Ketegangan mata
– Penglihatan kabur dan terdistorsi
– Tidak dapat melihat rincian halus
– Mengalami kesulitan focus pada kata-kata yang tercetak dan garis
– Ketidakmampuan melihat dengan baik pada jarak jauh ataupu dekat tanpa memicingkan mata

Cara Mengobati Mata Silinder

Cara Menyembuhkan Mata Silinder Secara Medis

1. Menyembuhkan mata silinder dengan operasi Lasik dan Lasek. Operasi ini dilakukan dengan membuka lapisan permukaan kornea (flap) dengan alat khusus (keratom), kemudian mengubah bentuk lapisan kornea yang tidak rata dengan laser, kemudian flap ditutup kembali.

2. Mengobati mata silinder dengan memakai lensa kontak yang fungsinya hampir sama dengan kacamata. Untuk mengoreksi silinder yaitu dengan memberikan lensa silinder. Jika sesorang mengalami kelainan Silinder dan Miopi (rabun jauh) atau Hipermetropi (rabun dekat), hal ini dapat diatasi dengan kombinasi antara lensa Spheris dan lensa Silinder, kemudian diletakkan pada Axis /derajat yang sesuai. Namun akan lebih baik konsultasi terlebih dulu dengan dokter spesialis mata untuk menggunakan lensa kontak.

3. Mengatasi mata silinder dengan memakai kacamata silinder untuk membantu memfokuskan cahaya. Untuk mengoreksi silinder yaitu dengan memberikan lensa silinder. Jika sesorang mengalami kelainan Silinder dan Miopi (rabun jauh) atau Hipermetropi (rabun dekat), hal ini dapat diatasi dengan kombinasi antara lensa Spheris dan lensa Silinder, kemudian diletakkan pada Axis /derajt yang sesuai.

Cara Mengobati Mata Silinder Secara Alami

1. Kitoloid atau bunga kintolo (Jawa). Tanaman ini biasa tumbuh liar di semak-semak, berbentuk panjang dan berwarna putih seperti Bunga Melati.

2. Daun melati juga dapat digunakan untuk menyembuhkan silinder dengan menumbuk halus satu genggam daun melati kemudian tempelkan pada dahi.

3. Buah keben atau Baringtonia asiatica Kurz tanaman dari Papua. Buah ini disebut juga dengan rabon pi keben yang merupakan pohon berkayu lunak, berdiameter sekitar 50 cm dengan ketinggian 4 hingga 16 meter. Biji dan buahnya dapat digunakan sebagai tetes mata.

4. Daun sirih meskipun punya sifat hangat dan pedas, daun sirih juga mengandung minyak atsiri yaitu kadinen, kavinol, sineol, eugenol, dan karvanol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak yang dapat membunuh kuman. Daun sirih digunakan sebagai antioksidan dan anti jamur sekaligus antiseptik yang dapat membantu mengangkat kotoran di mata.

Penyakit mata silinder merupakan kelainan mata yang cukup merepotkan jika tak diatasi, apalagi gejala yang menyertainya dapat merugikan seseorang karena dapat mengurangi ketajaman mata. Silinder juga dapat dialami oleh seseorang yang sudah mendeita rabun jauh (miopi) ataupun rabun dekat (hipermetropi).

Jika dibiarkan, gangguan silinder dapat menimbulkan sakit kepala terutama ketika menggunakan mata dalam waktu yang cukup lama. Demikian beberapa informasi dan tips cara menyembuhkan silinder. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan mata dengan baik.

Obat Mata © 2017