Cara mengurangi mata minus

Cara Mengurangi Mata Minus

Mata minus atau biasa disebut dengan rabun jauh tidak hanya menyerang orang dengan usia 30 keatas saja. Remaja dan anak kecil pun bisa terserang rabun jauh yang disebabkan oleh faktor keturunan. Penyebab lainnya adalah terlalu sering membaca di tempat yang berpenerangan redup dan menonton TV atau bermain gadget terlalu dekat.

Kondisi mata yang minus sebaiknya tidak dibiarkan saja karena hal itu bisa memperparah dan menaikkan minus mata. Begitu tahu bahwa mata terkena rabun jauh, sebaiknya segera diobati dengan berbagai cara alami. Cara mengurangi mata minus ada berbagai macam, mulai dari mengkonsumsi makanan untuk menutrisi mata hingga melakukan berbagai latihan melihat sebuah objek tertentu.

Salah satu faktor penyebab mata minus atau miopi adalah kurangnya vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh mata. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A tinggi harus dilakukan sejak mata terdeteksi rabun jauh. Berbagai sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang wajib dikonsumsi oleh penderita rabun jauh. Makanan-makanan tersebut mengandung vitamin A, vitamin E, dan beta carotene yang mampu menutrisi mata dengan baik. Wortel, tomat, kol, bayam, dan alpukat adalah contoh sayuran dan buah yang cocok digunakan untuk mengurangi minus mata. Sleian sayur dan buah, ikan salmon, tiram, dan telur adalah makanan yang juga harus dimasukkan ke menu makan para penderita rabun jauh. Makanan-makanan tersebut mengandung protein, zinc, dan omega-3 sehingga tidak berbahaya meskipun dikonsumsi setiap hari.

Tips Mata Minus Agar Berkurang

Kaca mata atau lensa kontak adalah alat bantu bagi penderita rabun jauh. Namun, sebaiknya lepaskan kaca mata atau lensa kontak ketika tidak sedang diperlukan. Mata selalu terfokus pada pusat lensa ketika menggunakan kaca mata sehingga otot pada mata tidak bekerja maksimal. Ketika menggunakan kaca mata, jarang sekali bola mata digerakkan untuk melirik ke kanan dan ke kiri.
Mata minus berkurang
Tanpa disadari, seorang pengguna kaca mata akan lebih sering menoleh atau menggerakkan leher ketika melihat objek yang tidak berada didepannya. Dengan sering melepas kaca mata ketika tidak sedang digunakan, bola mata akan terlatih untuk bergerak dan otot mata pun bisa lebih luwes.

Cara mengurangi minus pada mata yang sekaligus bisa menyegarkan pikiran adalah dengan melihat pemandangan hijau. Tetapi, dengan catatan, pemkitangan hijau adalah pemandangan alami berupa sawah, danau, kebun, atau gunung. Bukan gambar sawah, danau, kebun, atau gunung yang bisa didapat di Internet. Bagi pekerja kantoran yang terus terpaku didepan layar komputer, luangkan waktu tiap satu atau dua jam sekali untuk mengalihkan pandangan dari komputer.
Cara mengurangi mata minus agar kembali normal
Jika tidak bisa mendapatkan panorama hijau seperti taman atau kebun, lihatlah pemandangan dari jendela kantor. Melihat kendaraan yang bergerak juga bisa menjadi latihan untuk mengurangi minus pada mata. Sedangkan bagi yang bekerja di rumah, membuat taman kecil-kecilan di halaman rumah bisa sangat membantu. Isilah taman dengan rerumputan dan bunga berwarna-warni sehingga mata bisa melihat pemandangan yang menyejukkan. Cara ini sekaligus menjadi waktu istirahat bagi mata agar mata tidak kaku dan lelah.

Cara mengurangi mata minus selanjutnya adalah dengan melakukan senam mata. Latihan senam mata ini bertujuan agar otot mata lentur dan terbiasa bergerak. Gerakan senam mata diawali dengan pkitangan lurus ke depan. Gerakkan bola mata ke atas secara perlahan, lalu tahan hingga 10 detik. Kembalikan bola mata melihat lurus ke depan dan tahan lagi 10 detik. Setelah itu ganti gerakan ke bawah dan samping kanan-kiri. Tahan 10 detik di tiap arah gerakan.
Cara agar mata minus turun
Setelah selesai menggerakkan ke empat arah, putar bola mata searah jarum jam dua kali. Kemudian kembali menatap lurus ke depan. Setelah itu putar bola mata berlawanan arah jarum jam dua kali. Jika sudah selesai melakukan senam mata, tutup kedua mata untuk beristirahat. Ketika melakukan senam mata, lepaskan kaca mata atau lensa kontak.

Terakhir, menurunkan mata minus juga bisa dengan terapi daun sirih. Siapkan dua lembar daun sirih segar lalu cuci hingga benar-benar bersih. Setelah daun sirih sudah bersih dari kotoran, langsung tempelkan ke masing-masing mata. Terapi ini sebaiknya dilakukan sebelum tidur. Gunakan plester untuk menghindari daun sirih terlepas selama tidur. Saat bangun keesokan hari, lepaskan daun sirih, lalu cuci bersih wajah.

Cara-cara diatas bisa membantu mengurangi minus pada mata. Lakukan langkah-langkah diatas setiap hari, dan lihat hasilnya. Mudah-mudahan mata minus yang sudah tinggi bisa turun, syukur-syukur jikalau bisa kembali normal.