Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Cara Mengobati Mata Katarak

Obat Katarak

Katarak merupakan gangguan mata yang ditandai dengan keruh pada bagian lensa mata yang menyebabkan retina tidak dapat menangkap cahaya dengan sempurna. Penyakit mata katarak dapat dialami oleh siapa saja terutama bagi seseorang yang sudah berusia lanjut sekitar lebih dari 40 tahun seiring dengan menurunnya fungsi tubuh.

Gangguan katarak biasanya berlangsung secara perlahan-lahan sehingga penglihatan penderita terganggu secara berangsur. Umumnya, mata katarak terdeteksi setelah kondisi yang cukup parah. Untuk itu, akan lebih baik jika kita mengetahui apa gejala, penyebab hingga bagaimana cara yang paling tepat untuk mengobati mata katarak serta tips-tips yang tepat yang dapat kita jadikan referensi untuk menangani dan mengatasi mata katarak.
Obat mata katarak

Ciri-Ciri, Tanda, dan Gejala Mata Katarak
1. Penglihatan kabur pada sore dan malam hari
2. Merasa terlalu silau saat terkena cahaya yang terlalu terang
3. Pkitangan seperti terhalang oleh awan
4. Gatal-gatal pada mata
5. Sering keluar air mata
6. Terjadi perubahan warna pada bagian hitam mata (menjadi lebih putih)
7. Menyebabkan kebutaan, pada tingkat lanjut

Macam dan Jenis Penyakit Katarak
– Katarak Kongenital, yaitu katarak dari bawaan lahir atau setelah dilahirkan, umumnya disebabkan oleh infeksi dan kelainan metabolisme pada saat pembentukan janin.
– Katarak Traumatik, yaitu katarak yang disebabkan karena benturan ataupun kecelakaan.
– Katarak Sekunder, yaitu katarak yang disebabkan oleh efek obat prednisone dan kortikosteroid, serta pada penderita diabetes.
– Katarak Seilis atau Katarak Ketuaan, yaitu katarak yang disebabkan karena usia lanjut, biasanya timbul setelah umur 40 tahun.
– Katarak Komplikasi, yaitu katarak yang disebabkan karena infeksi mata ataupun penyakit lainnya.

Penyebab Katarak
1. Faktor usia
2. Bawaan sejak lahir
3. Terkena radiasi ion
4. Pernah menjalani operasi mata
5. Faktor genetik (faktor keturunan)
6. Bekas cedera atau radang pada mata
7. Terlalu sering terkena sinar matahari (sinar ultraviolet )
8. Penggunaan obat dalam kurun waktu yang lama, khususnya steroid
9. Penyakit diabetes terutama diabetes mellitus ( kencing manis )

Cara Mengatasi Mata Katarak

Pengobatan Katarak Secara Medis

Ini merupakan cara menyembuhkan katarak mata yang paling efektif dan lazim digunakan untuk mengembalikan penglihatan mata yang terkena katarak.
1. Operasi katarak
Cara mengatasi mata katarak
Cara yang paling tepat untuk mengobati mata katarak tingkat lanjut adalah dengan cara operasi. Operasi katarak ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan kabut pada bagian lensa mata agar penglihatan benar-benar pulih. Namun, tidak semua jenis katarak dapat disembuhkan melalui jalan operasi. Terkadang kegagalan bisa saja terjadi. Tapi bukan berarti kita harus takut untuk operasi karena setidaknya hanya 1 dari 9 hasil operasi tidak sesuai harapan. Akan lebih baik jika kita periksakan mata ke dokter serta berkonsultasi berapa tingkat keberhasilan operasi tersebut serta efek sampingnya.

2. Memakai kaca mata
Pada gejala awal katarak, dokter biasanya akan menyarankan kita untuk menggunakan kacamata. Kacamata akan membantu kerja lensa mata serta meningkatkan ukuran objek yang ditangkap lensa mata. kacamata juga dapat menghalau cahaya yang terlalu silau.

Pengobatan & Pencegahan Katarak Secara Alami

Obat katarak alami ini digunakan untuk mencegah datangnya katarak dan mengatasi katarak agak tidak bertambah parah.
1. Bayam
Banyak banyak mengandung karotenoid dan antioksidan seperti vitamin dan mineral yang dapat membantu penyembuhan mata katarak. Mengonsumsi dua porsi per hari akan membantu penyembuhan mata katarak.

2. Buah blueberry
Kandungan nutrisi pada buah blueberry dapat mengontrol penglihatan tetap tajam. Kandungan antosianinnya juga dapat mencegah kerusakan pada bagian lensa dan retina.

3. Ekstrak biji anggur
Biji anggur mengandung zat anti kanker berupa proanthocyanidins yang ampuh untuk menangkal radikal bebas 20 kali vitamin C dan 50 kali dari vitamin E.

4. Bawang putih
Cara menyembuhkan katarak
Kandungan bahan antioksidan (sulfur dan glukosinates), antibiotik pada bawang putih sangat baik untuk penyembuhan penyakit. Cukup makan 2-3 siung bawang putih setiap hari untuk mengurangi dan menyembuhkan katarak secara perlahan. Kita juga dapat menambahkan ke dalam masakan.

5. Minum cukup air mineral
Kebiasaan minum cukup air minerah sangat membantu proses pengobatan mata katarak. Meskipun dampaknya tidak dapat kita rasakan secara langsung, minum yang cukup akan membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih baik. Selain itu, air juga dapat melarutkan racun dan bahan-bahan kimia yang menyebabkan kerusakan pada mata. Air mineral juga merupakan nutrisi pada bagian lensa mata dan lapisan makula sehingga dapat menghancurkan katarak.

6. Brokoli
Zat yang dikandung dalam brokoli seperti beta karoten, zeaxanthin, fosfor, vitamin A, C, E dan B dapat menghambat katarak serta menyembuhkan katarak secara alami. Selain itu beberapa zat ini mampu melindungi mata agar tidak terkena radiasi.

7. Susu almond
Mengkonsumsi susu almond dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam tubuh. Karena susu almond mengandung vitamin A, vitamin E dan bahan mineral seperti magnesium dan fosfor. Beberapa orang juga menggunakan susu almond untuk tetes mata untuk penyembuhan lebih cepat. Namun terkadang sering menyebabkan iritasi. Untuk lebih aman kita dapat pertimbangkan dengan meminum susu almond saja.

8. Kiwi
Buah kiwi mengandung vitamin C dan karotenoid yang dapat menjaga kesehatan mata sekaligus tubuh. Antioksidan dalam buah ini dapat bercampur dengan zat fitokimia yang akan melindungi DNA tubuh dari penyakit akibat peradangan.

9. Strawberry
Buah ini mengandung asam elagik, fenolik, vitamin C. vitamin A dan beberapa bahan flavonoid yang sangat penting untuk melindungi mata dari katarak dan kerusakan akibat radikal bebas.

10. Wortel
Obat katarak alami
Wortel mengandung betakaroten, vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu menipiskan mata katarak secara alami dan perlahan.

11. Kuning telur
Kuning telur mengandung lutein dan zeaxathin yang dapat mengatasi kabut pada bagian lensa mata. Kuning telur juga dipercaya dapat mencegah katarak sejak usia dini terutama untuk anak anak.

12. Ikan berlemak sehat
Mengonsumsi beberapa ikan seperti ikan salmon, ikan tuna dan ikan makarel yang mengandung asam lemak omega 3 ini dapat melawan radikal bebas penyebab mata katarak.

13. Teh hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan. Kandungan kafein dan polifenolnya dapat meningkatkan kesehatan mata serta dapat menghilangkan kabut yang yang menyebabkan katarak.

14. Mengatur kadar gula darah
Penderita katarak harus mengurangi kebiasaan minum atau makan yang terlalu manis. Makanan yang mengandung gula asli maupun gula sintetis menjadi penyebab mata katarak. Terlebih bagi para penderita diabetes yang sudah mengalami mata kabur. Kandungan gula dan berbagai bahan pemanis dapat menghancurkan kemampuan glutathione dan vitamin C yang berada pada lensa mata.

Katarak merupakan penyakit yang banyak terjadi, hingga saat ini operasi bedah ringan menjadi cara yang paling optimal untuk mengembalikan pandangan mata. Sementara pengobatan katarak secara alami dapat mengendalikan katarak agar tidak lebih parah dan mengurangi resiko terkena katarak.

Obat Mata © 2017