Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Cara Mengobati dan Mengatasi Mata Merah

Obat mata merah

Salah satu gangguan yang kerap dialami oleh kebanyakan orang adalah sakit mata merah. Ada banyak hal yang menyebabkan mata merah. Selain mengganggu penampilan, mata merah juga mengganggu aktivitas kita karena efek yang disebabkannya.

Secara medis, mata merah merupakan gangguan mata yang disebabkan adanya peradangan pada selaput-selaput yang menutupi bagian putih pada mata, dan selaput-selaput pada bagian dalam kelopak mata. Meskipun mata merah bukan penyakit yang bersifat permanen, namun keberadaanya juga sangat mengganggu.

Jadi, sangat penting untuk melakukan penanganan yang cepat dengan pengobatan yang tepat. Pada beberapa kasus, mata merah juga disebabkan oleh virus yang sifatnya dapat menular. Oleh karena itu kebanyakan orang enggan untuk mendekati seseorang yang mengalami mata merah karena takut untuk tertular. Terkadang sakit mata merah juga disertai dengan rasa gatal, perih, dan mata yang berair.
Obat mata merah

Cara Mengatasi Mata Merah

1. Metode kompres
Tips untuk kompres mata dapat digunakan dua cara. Kompres dengan air dingin jika mata merah disebabkan oleh alergi, karena dapat memberikan efek menghilangkan gejala pada mata merah yang lebih baik. Kompres dengan air hangat jika mata merah disebabkan oleh infeksi. Untuk mengompres mata yang terinfeksi pada satu mata maka gunakan kain yang berbeda untuk mencegah infeksi pada sisi mata yang lainnya.
2. Daun sirih
Daun sirih dikenal menganduug banyak antiseptic. Menggunakan daun sirih sebagai obat untuk menghilangkan mata merah dapat dilakukan dengan cara merebus tiga lembar daun sirih sampai mendidih, kemudian angkat air daun sirih dan dinginkan. Jika sudah dingin, saring air rebusan dengan saringan teh dan ambil sari air yang jenih, kemudian gunakan untuk membasuh area mata yang sakit. Anda juga dapat menggunakannya dengan cara meneteskannya pada mata seperti mengunakan obat tetes mata.
3. Madu
Menggunakan madu sebagai obat sakit mata merah dilakukan dengan cara mengoleskan madu ke area mata. Sebelum madu digunakan, bersihkan dulu area mata yang akan diolesi madu menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dengan air hangat dengan satu kali usapan.
4. bawang putih
Cara mengatasi mata merah
Bawang putih yang sering kita gunakan untuk memasak dapat kita gunakan untuk mengobati mata merah. Caranya adalah mencuci bersih bawang putih kemudian potong ujungnya dan oleskan pada kelopak mata. Diamkan selama beberapa saat sampai mata mengeluarkan air karena rasa perih yang ditimbulkannya. Kemudian oleskan kembali dengan cara yang sama. Perlu diingat pemakaian bawang merah sebagai obat sakit mata merah hanya dilakukan dua kali saja.
5. Getah daun patikan kebo
Pengobatan alami selanjutnya adalah dengan getah patikan kebo sebagai cara mengatasi mata merah yang mengganggu. Ambil tiga tangkai daun yang diambil getahnya saja dan oleskan getah tersebut pada area mata yang sakit. Hal ini dapat digunakan dua kali dalam sehari.
6. Jus kentang
Kentang juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan gejala alergi pada penglihatan. Caranya dengan mencuci bersih kentang, mengupasnya kemudian diparut atau diblender. Letakkan kentang yang sudah halus ke dalam kain halus dan bungkus. Dunakan bungkusan kentang tersebut untuk mengompres mata selama beberapa menit sekitar seperempat jam kemudian bersihkan area mata dengan air bersih. Anda juga dapat menggunakan kentang dengan mengiris tipis seperti pada penggunaan mentimun.
8. Susu murni
Susu juga dapat digunakan untuk menghilangkan mata merah dengan cara mengompreskan mata dengan kapas yang telah ditetesi susu murni pada area mata yang sakit. Tunggu beberapa saat dan lakukan secara rutin untuk mengurangi gejala sakit mata, serta hentikan jika mata mulai terasa kembali normal.
6. Mentimun
Cara menyembuhkan mata merah
Mentimun mengandung anti bakteri yang membantu mengurangi gejala sakit pada mata. Caranya adalah dengan memotong tipis mentimun dan meletakkannya pada mata. Selain itu, mentimun juga dapat mengurangi kantung mata. Dengan efek segar pada mentimun, mampu membuat area sekitar mata menjadi lebih tenang dan nyaman.
9. Air mawar
Cara menyembuhkan mata merah dengan mawar adalah dengan memasukkan mawar ke dalam air kemudian gunakan airnya untuk mengoleskan kebagian mata. lakukan tiga kali dalam sehari.
10. Obat tetes mata
Obat tetes mata merupakan pengobatan medis yang sederhana. Usahakan sesuai dengan aturan pakai dan hindari pemakaian yang berlebihan. Hindari obat tetes mata yang mengandung antibiotic, kortikosteroid atau pemutih secara sembarangan. Akan lebih baik menggunakan obat tetes mata yang sesuai dengan anjuran dokter.
11. Lidah buaya
Obat untuk sakit mata merah
Lidah buaya dapat digunakan untuk meredakan mata merah. Caranya dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan air dingin. Kemudin gunakan campuran tersebut untuk mencuci mata merah. Kandungan antiseptic pada lidah buaya akan mencegah iritasi yang lebih parah. Selain itu, sensai dingin dari lidah buaya akan memberikan rasa nyaman sekaligus meredakan rasa panas.

Cara Mencegah Mata Merah

Mata merah dapat dialami oleh siapa saja tanpa kita ketahui, termasuk pada anak sekalipun. Jika kita pernah mengalaminya, tentu kita merasa kurang nyaman dengan keadaan ini. Langkah selanjutnya adalah lebih baik kita melakukan pencegahan. Beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan mata merah adalah sebagai berikut.
1. Kurangi kebiasaan berlama-lama di depan monitor serta mengatur pencahayaannya.
2. Terapkan pola hidup sehat. Hindari minuman berakohol dan merokok. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamin A.
3. Tidur cukup setidaknya 6-8 jam per hari.

Demikian beberapa hal yang terkait dengan tips cara mengobati mata merah. Lebih baik kita mencoba dengan bahan-bahan alami tradisional untuk meredakan dan menyembuhkan mata merah demi mengurangi efek samping dari obat-obat kimia. Jika mata merah tidak kunjung reda, maka ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan medis.

Obat Mata © 2017