Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Cara Menghilangkan dan Mengobati Mata Ikan

Cara Menyembuhkan Mata Ikan

Mata ikan merupakan suatu penyakit yang sering kita jumpai pada tumit, mata kaki, sela-sela jari tangan, telapak kaki, hingga permukaan kaki. Dalam istilah medis, mata ikan disebut dengan clavus. Istilah clavus ini diartikan sebagai suatu kondisi pada kulit yang mengalami penebalan yang disebabkan oleh tekanan dan gaya gesek yang terjadi terus menerus.

Terjadinya penebalan kulit dalam kasus ini menyebabkan hyperkeratosis (penebalan kulit seperti kapalan), yang tidak merata dan seringkali muncul atau terlokasi pada satu bagian dan menimbukan rasa sakit dikarenakan pertumbuhan sel-sel tanduk yang tidak normal. Wujudnya seperti kerucut yang terbalik, terkadang disertai pula lubang dangkal di bagian tengah-tengahnya.

Umumnya, penyakit mata ikan atau clavus ini lebih sering kita jumpai pada kaki, terutama pada bagian telapak kaki. Hal ini dikarenakan kebiasaan buruk kita saat mengenakan sepatu serta kurangnya menjaga kebersihan pada alas kaki yang sering kita kenakan.

Cara mengatasi mata ikan

selain di tangan, mata ikan juga kerap muncul di bagian telapak maupun jari kaki

Tak hanya di kaki, mata ikan juga dapat tumbuh pada bagian telapak tangan. Mata ikan yang muncul pada kaki, akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman terutama saat digunakan untuk berjalan. Oleh karena itu sebaiknya segera mencari cara untuk menyembuhkan mata ikan ini.

Penyebab Mata Ikan

Mata ikan atau clavus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus HPV atau Human Papilloma Virus. Virus ini dapat timbul akibat kurangnya menjaga kebersihan alas kaki seperti kaos kaki atau sepatu, penggunaan kamar mandi secara bersamaan yang menyebabkan penularan virus HPV, dan ukuran sepatu yang terlalu kecil yang menimbulkan tekanan pada kaki.

Tahukah anda jika mata ikan secara khusus dapat dibedakan menjadi dua, yakni mata ikan lunak dan mata ikan keras. Mata ikan lunak memiliki tekstur permukaan yang sedikit lembek. Biasanya berwarna putih serta menimbulkan rasa sakit apabila tersentuh ataupun saat tertekan. Mata ikan yang tergolong lunak ini secara umum disebabkan oleh keadaan kulit yang lembab dan seringkali terjadi pada bagian permukaan jari kaki atau sela-sela jari kaki.

Sementara pada mata ikan yang tergolong keras memiliki tekstur yang keras berbentuk bulat kecil seperi kacang polong. Mata ikan jenis ini merupakan kasus yang sering terjadi. Mata ikan ini akan terasa mengganjal karena pembengkakan dan disertai dengan rasa nyeri. Pada beberapa kasus, mata ikan keras ini juga dapat menimbulkan kekeringan dan kulit bersisik di sekitar tempat tumbuhnya.

Cara menyembuhkan mata ikan

Ada beberapa jenis mata ikan yang bisa dirasakan dari tingkat kekerasan tonjolan kulit pada mata ikan apabila disentuh

Cara Mengatasi Mata Ikan

Bagaimana langkah-langkah menangani penyakit mata ikan dengan cepat secara efektif? Secara umum, cara menghilangkan mata ikan dapat diatasi dengan operasi kecil seperti operasi mirror dengan pisau dan operasi kauterisasi dengan tujuan untuk mengeluarkan inti dari mata ikan. Pada operasi kauterisasi menggunakan sebuah alat yang disebut electric caunter. Sebuah alat yang menyerupai solder yang akan membakar kulit mata ikan sehingga kulit mata ikan beserta intinya akan hilang.

Selain penanganan dengan cara medis diatas, terdapat juga beberapa bahan alami tradisional ampuh yang dapat kita manfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan mata ikan di kaki maupun di tangan. Bahan-bahannya sangat sederhana dan untuk mendapatkannya pun sangatlah gampang.

Obat Alami Mata Ikan

Cuka Apel
Cuka apel mengandung antioksidan serta vitamin A yang baik digunakan untuk menghilangkan mata ikan serta menutrisi kulit. Caranya cukup dengan merendam bagian yang timbul mata ikan dengan larutan cuka apel selama 20-30 menit.

Lemon
kandungan vitamin C yang melimpah pada lemon dapat menghaluskan kulit kasar sehingga dapat membantu mengatasi mata ikan. Caranya adalah dengan mengoleskan air lemon pada bagian yang terkena mata ikan. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali dalam sehari sehingga mata ikan akan cepat sembuh.

Getah Kamboja
Getah kamboja dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Untuk mengobati mata ikan, caranya adalah dengan mengoleskan getah kamboja pada area mata ikan sampai merata. Jika hal ini dilakukan secara rutin mata ikan akan dapat sembuh dengan cepat. Yang perlu anda perhatikan adalah memastikan mata ikan dalam keadaan bersih sebelum mengoleskan getah kamboja tersebut.

Bawang putih
Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang mengandung antibiotic alami dan antioksidan yang sangat tinggi. Caranya adalah dengan menghaluskan bawang putih kemudian mengoleskannya pada bagian kulit yang timbul mata ikan.

Daun Dewa
Untuk menggunakan daun dewa sebagai obat penghilang mata ikan, caranya cukup dengan mengambil beberapa helai daun dewa yang masih segar kemudian menumbuknya hingga halus setelah itu oleskan pada area yang terkena mata ikan.

Baking soda
Baking soda sering digunakan untuk obat pengembang roti. Namun baking soda ternyata dapat digunakan untuk mengelupas kulit mati ataupun kering termasuk mata ikan. Sehingga mata ikan akan dapat dihilangkan dengan penggunaan baking soda. Selain itu baking soda juga memiliki antibakeri yang baik.

Pepaya
Kandungan vitamin C dan antioksidan pada pepaya dapat merawat dan menjaga kesehatan kulit. Untuk menggunakannya sebagai obat mata ikan alami caranya cukup dengan mengoleskan pepaya pada bagian mata ikan.

Sabun dan kapur sirih
Sabun dikenal dengan sifatnya yang dapat membersihkan. Perpaduan sabun dengan kapur sirih dapat digunakan untuk mengobati mata ikan dan dipercaya dapat menghilangkan inti dari mata ikan.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai mata ikan serta beberapa tips cara mengatasi, menghilangkan, dan mengobati, serta menyembuhkan mata ikan meskipun tanpa operasi yang dapat kita coba. Untuk penanganan secara alami lakukan secara rutin agar hasilnya cepat terasa.

Obat Mata © 2017