Obat Mata

Cara mengobati mata dengan mudah dan cepat

Cara Mengatasi Mata Kelilipan Dengan Cepat & Mudah

Seringkali kita merasa terganggu dengan benda asing yang sengaja atau tidak sengaja masuk ke mata kita, biasanya sering disebut dengan kelilipan. Bisa karena kemasukan debu, pasir, ataupun serangga, dan sebagainya. Tentu kita merasa ada yang mengganggal, terganggu, atau bahkan menyakitkan untuk mata kita. Akan lebih terasa mengganggu ketika kita berkendara.

Ngomongin soal kelilipan, umumnya orang memiliki kebiasaan buruk dengan spontanitas langsung mengucek, mengusap atau menggosok mata yang kelilipan. Padahal, kebiasaan ini kurang baik dilakukan untuk mengatasi mata yang terkena benda asing. Bisa jadi malah akan melukai mata kita, terutama kornea mata dan efek yang lebih lanjut dapat menyebabkan infeksi jika kita salah menanganinya.
Cara mengobati mata kelilipan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada beberapa langkah atau tips yang dapat diterapkan untuk menyembuhkan mata yang kelilipan. Silahkan dipraktekkan jika Anda mengalami masalah ini.

Cara Mengobati Mata Kelilipan

1. Hindari kebiasaan lama yang panik saat mata kita kelilipan, dengan tidak menggosok ataupun mengucek mata.
2. Cobalah untuk meminta bantuan orang lain untuk menarik kelopak mata ke atas atau ke bawah untuk melihat benda apa yang masuk ke mata.
3. Anda juga boleh meniupnya, tapi tidak dianjurkan untuk meniup terlalu dekat ataupun terlalu kencang dengan harapan debu dengan mudah dapat hilang dari mata, karena udara yang kita tiupkan dari mulut bisa saja mengandung bakteri yang dapat mengeraskan debu yang mengenai mata kita.
4. Cobalah untuk mengedip-kedipkan mata anda dilanjut dengan memutar bola mata, dengan maksud agar debu atau pasir yang masuk dapat menepi. Jika anda menggunakan lensa kontak, segera keluarkan lensa tersebut dari mata anda.
5. Gunakan air besih untuk membilas mata. Anda juga bisa menggunakan cawan atau gelas untuk membenamkan mata anda selama beberapa saat dan mengedipkannya beberapa kali didalam air agar debu atau pasir menghilang.
6. Hindari untuk menyemprotkan air dengan keras langsung ke arah mata anda yang kelilipan.
7. Hindari kontak langsung dengan tangan kita. Usahakan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air bersih untuk membantu mengangkat debu atau bisa menggunakan tisu bersih. Jangan memaksakan benda keluar jika debu itu sukar untuk dikeluarkan. Jangan lupa untuk membersihkan tangan sebelum mulai membersihkan.
8. Gunakan obat tetes mata untuk mengatasi iritasi yang disebabkan oleh debu/kotoran. Kita harus melakukannya sesuai dengan petunjuk atau dosis yang dianjurkan. Langkah ini dapat mengeluarkan debu/kotoran dari mata secara alami. Hindari juga untuk memakai obat tetes mata lebih dari tiga kali pemakaian karena dapat menyebabkan iritasi berkelanjutan atau peradangan. Perlu anda ketahui juga, bahwa obat tetes mata mengandung bahan kimia yang bersifat asam, sehingga dapat menimbulkan rasa pedih pada mata.
Cara menghilangkan dan menyembuhkan mata kelilipan pasir serangga debu
9. Menangis. Langkah ini adalah cara yang paling aman untuk mengatasi mata kelilipan. Dengan menangis air mata kita akan membasahi seluruh kelopak mata kita sehingga debu dapat ikut keluar bersamaan dengan air mata kita yang menetes.
10. Pergi ke dokter. Langkah ini adalah langkah terakhir yang dapat kita lakukan jika kelilipan pada mata kita tidak kunjung hilang atau mereda setelah mencoba beberapa upaya untuk mengeluarkannya. Dokter akan segera melakukan pertolongan pertama dengan mengeluarkan kotoran yang ada di mata kita dengan kapas steril atau jarum steril. Kita juga diberikan obat antiseptik untuk mencegah infeksi. Jangan lupa pula untuk control kembali sesuai saran dokter untuk menilai proses penyembuhan.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata yang sedang kelilipan. Tips yang paling penting adalah hindari kebiasaan untuk menggosok-gosok mata walaupun merasa gatal. Hal itu untuk melindungi kornea kita serta agar mata tak menjadi panas serta memerah. Selain itu, kebiasaan tersebut dapat menghambat penyembuhan atau bahkan memperparah iritasi.

Alangkah lebih baik jika kita melakukan pencegahan sebelum kita mengalami kelilipan. Misalnya saja dengan melindungi diri kita dengan kaca mata saat bepergian, ataupun menggunakan helm saat berkendara.

Obat Mata © 2017